Dies Natalis ke-60, Jokowi Apresiasi Karya ITS untuk Indonesia

Presiden joko widodo (jokowi) sampaikan selamat berkreatifitas meningkatkan perkembangan tehnologi ke institut tehnologi sepuluh nopember (its) surabaya pada lustrum xii atau dies natalis ke-60.

 

Jokowi mengharap its surabaya jadi garda paling depan peningkatan tehnologi waktu lustrum xii atau dies natalis ke-60. Selasa.

“dies natalis ke-60. Its harus jadi garda paling depan dalam peningkatan tehnologi di indonesia.” tutur ia. Seperti diambil dari di antara. Selasa (10/11/2020).

Jokowi menjelaskan. Its yang berdiri 60 tahun semenjak diberi tanda tangan oleh presiden ri pertama ir soekarno sudah banyak bakat luar biasa serta tehnologi maju yang dibuat oleh its untuk negeri tersayang ini.

“saya sebutlah saja beberapa. Gesits sepeda motor listrik nasional. Design kapal ferry untuk angkutan penyeberangan yang digunakan asdp. Design interior serta bodi lrt di jakarta serta palembang hasil kerjasama inka. Terhitung robot raisa yang disebut robot orang kepercayaan untuk rumah sakit yang paling diperlukan di periode wabah ini. Serta tentu ada banyak kembali.” kata jokowi.

Bekas gubernur wilayah spesial ibu-kota (dki) jakarta itu sampaikan perkataan selamat ke its dalam rayakan ulang tahun ke-60 ini. “selamat berkreatifitas meningkatkan tehnologi untuk perkembangan negeri.” kata jokowi diakhir sambutannya.

Searah akan hal tersebut. Menteri perhubungan (menhub) ir budi kreasi sumadi sampaikan rintangan besar untuk its dalam merealisasikan tehnologi hari esok untuk membuat kemakmuran bangsa. Terutamanya dalam sektor transportasi.

Menurut budi. Bidang transportasi mempunyai fungsi yang esensial dalam pembangunan nasional. Kecuali selaku alat mobilisasi. Transportasi berperanan penting dalam kemakmuran bangsa indonesia.

“diantaranya dengan dibuatnya infrastruktur transportasi yang memberikan dukungan sambungan dimulai dari perkotaan. Perdesaan. Wilayah ketinggalan. Serta paling luar di indonesia.” ucapnya dalam pidato ilmiah secara daring dengan judul peranan serta rintangan tehnologi transportasi periode depan untuk membuat kemakmuran bangsa.

Budi menerangkan. Rintangan yang besar ini ialah bagaimana merealisasikan transportasi berkepanjangan. Berkaitan. Serta bisa memadukan antarmoda. Hal tersebut pasti perlu disokong sumber daya manusia (sdm) yang bermutu tinggi.

Karena itu. Sambungnya. Pengembangan serta ide berkepanjangan dalam pemakaian tehnologi perlu untuk ditingkatkan.

“ini hanya untuk memberikan fasilitas seluruh rintangan warga agar nikmati hasil dalam periode panjang serta diinginkan kemakmuran bangsa bisa diwujudkan.” ujarnyam

Ia mengaku bila its sudah menyiapkan diri dengan bagus untuk tehnologi hari esok. Ditunjukkan dengan prestasi its yang banyak memenangkan persaingan robot serta mobil memiliki bahan bakar energi terbarukan yang disebut kebanggaan indonesia.

Paling akhir sebagai wakil kementerian perhubungan. Budi selalu buka diri untuk kerja sama untuk bangsa indonesia di depan.

Diantaranya. Berkaitan dengan bagaimana pengembangan itu dapat diterima oleh dunia industri yang bisa digunakan oleh warga luas. Hingga bisa memberi nilai ekonomi yang tinggi untuk bangsa indonesia.

“saya optimis apa yang dikerjakan ini selekasnya akan berlangsung. (saya) benar-benar memberikan dukungan upaya-upaya its supaya bisa memadukan untuk kemasyhuran indonesia.” tutur ia.

Pada acara peringatan lustrum xii its ini diberi penghargaan angka nitisastro yang jatuh ke prof ir priyo suprobo ms phd. Rektor its masa 2007-2011. Yang sekarang ini masih memegang selaku ketua senat akademis its.

Disamping itu. Beberapa dosen. Tenaga kependidikan (tendik). Serta mahasiswa memperoleh penghargaan atas prestasi serta dedikasi besar yang sudah mereka beri ke its.

Robot medical assistant its airlangga. Atau yang sekarang dikatakan sebagai raisa. Siap dioperasionalkan untuk bereskan pasien covid-19. Robot raisa sanggup berkomunikasi 2 arah hingga sanggup berhubungan semestinya manusia.

 

By Martin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!