Lika-Liku Perjalanan Joe Biden Jadi Presiden AS, Sudah 3 Kali Jadi Kandidat

Sesudah penghitungan suara yang berjalan sampai sabtu (07/11). Joe biden dari partai demokrat amerika serikat sukses raih suara sebagian besar pada penyeleksian umum as 2020. Menantang calon petahana dari partai republik. Donald trump.

 

Jika nanti sah dikukuhkan. Biden bisa menjadi presiden paling tua di amerika serikat sebab di saat inagurasi dia akan berumur 78 tahun.

Merilis situs dw indonesia. Minggu (8/11/2020). Berikut perjalanan karier politik biden serta perjuangannya hadapi beberapa tragedi yang menerpa kehidupan keluarganya.

Joe biden punyai pengalaman panjang di pentas politik amerika serikat serta menjelaskan siap pimpin negara itu melalui saat-saat tidak pasti seperti sekarang ini.

Pandemi corona. Kritis kesehatan serta teror kritis ekonomi ialah beberapa permasalahan yang sedang ditemui as.

Serta menurut biden. Presiden sekarang ini yakni donald trump benar-benar lambat dalam menangani bermacam masalah.

Karier politik biden benar-benar panjang. Dia sudah jadi senator untuk negara sisi delaware semenjak tahun 1972 sepanjang 6x periode kedudukan.

Dia sempat juga memegang selaku wapres dari tahun 2009 sampai 2017 sepanjang pemerintah barrack obama.

Waktu berikut biden secara vocal memberikan dukungan kesetaraan pernikahan untuk pribadi lgbtq. Dia mengutarakan suport awalnya pada undang-undang kesetaraan.

Tetapi biden sempat dinilai di awal kariernya sebab berpihak golongan segregasionis dalam permasalahan integratif rasial di beberapa sekolah.

Selaku politikus berambisi. Ia pengin jadi capres dari partai demokrat sekitar 3x. Tahun 1988 dia mau tak mau mundur dari penyalonan sesudah akui menyontek pidato pimpinan partai pekerja inggris. Neil kinnock.

Di tahun 2008. Dia berkompetisi dengan hillary clinton serta pada akhirnya jadi juara selaku wapres mengikuti barack obama.

Joseph robinette biden jr. Lahir di 20 november 1942 di pennsylvania dari pasangan catherine eugenia finnegan serta joseph robinette biden. Sr. Dia ialah anak sulung dari 4 bersaudara.

Menurut situs web joebiden.com. Keluarga biden berpindah ke claymont. Delaware. Untuk cari pekerjaan yang lebih bagus saat joe berumur belasan tahun. Delaware selanjutnya jadi negara sisi yang dipandang seperti rumah untuk joe.

Waktu berumur sepuluh tahun. Biden pernah share tempat tidur dengan saudara lelaki serta pamannya.

Orangtua serta saudara wanitanya tempati dua ruang tidur yang lain di apartemen yang berada di tepian kota wilmington. Delaware.

Ayah joe biden berawal dari keluarga yang cukup berkecukupan serta berusaha keras untuk memberikan keluarganya kehidupan kelas menengah.

Pada periode mudanya. Joe mengenyam pengajaran di di university of delaware. Ambil jalur ganda dalam sektor pengetahuan riwayat serta pengetahuan politik. Ia meneruskan ke kampus syracuse serta mendapatkan gelar sarjana hukum.

Tahun 1966. Joe menikah dengan neilia hunter dalam suatu gereja di new york. Pasangan ini mempunyai tiga anak yakni joseph r. “beau” biden. Iii. Robert hunter. Serta naomi christina.

Amerika di tahun 1972. Beruntung kelihatannya tengah tersenyum lebar pada keluarga kecil pasangan neilia serta joe biden. Warga delaware mencintai energi dari pasangan muda yang mempunyai tiga anak kecil ini. Belum berumur 30 tahun. Joe dipilih jadi anggota senat amerika serikat sebagai wakil delaware. Sesudah menaklukkan calon dari partai republik.

Tetapi bukan kehidupan namanya bila tidak diwarnai pasang-surut. Satu minggu saat sebelum natal tahun 1972. Saat akan beli pohon natal. Mobil yang dikemudikan neilia serta bawa tiga anak mereka alami kecelakaan.

Neilia serta naomi yang waktu itu belum berumur 2 tahun wafat karena kecelakaan itu. Sesaat ke-2 putra mereka. Yaitu beau serta hunter. Alami luka serta patah tulang.

Photo joe biden waktu diambil sumpah selaku anggota senat di kamar perawatan putranya yang luka karena kecelakaan itu selanjutnya jadi gambar yang terserang.

Tahun 1977. Biden menikah dengan istrinya sekarang ini. Jill. Pasangan ini. Kecuali membesarkan beau serta hunter bersama. Memiliki seorang anak wanita namanya ashley.

Tahun 2015 tragedi kembali lagi mendekati keluarga biden waktu putranya. Beau. Wafat karena kanker otak di umur yang cukup muda. Yaitu 46 tahun. Walau sebenarnya beau digadang-gadang selaku bintang politik yang lagi populer serta punya niat mencalonkan diri selaku gubernur untuk negara sisi delaware pada 2016.

Atas keperginya beau biden. Jill biden pernah menanyakan ke diri kita apa dia akan sanggup untuk berbahagia serta tersenyum kembali.

“sesudah putra kami. Beau. Wafat sebab kanker. Saya bertanya apa saya akan tersenyum atau merasai keceriaan kembali. Saat itu musim panas. Tetapi tidak ada kehangatan yang masih ada untuk saya.” papar jill biden pada pidato pakta nasional partai demokrat 18 agustus 2020 seperti diambil dari vox.com.

Tetapi hidup lagi bersambung untuk keluarga biden. “empat hari sesudah penyemayaman beau. Saya menyaksikan joe bercukur serta kenakan setel jasnya. Saya menyaksikannya memperkuat dianya di cermin. Memikat napas. Menegakkan pundaknya. Serta berjalan keluar. Ke dunia yang sekarang tidak lagi ada putra kami didalamnya. Ia kembali lagi bekerja. Itu ia.” tutur jill biden.

Joe biden menjelaskan jika beau ialah orang yang sejauh ini terus mendorongnya untuk mencalonkan diri kembali lagi di arena perpolitikan as. Tragedi keperginya istri pertama serta putri mereka. Dan kematiannya beau menggerakkan joe biden perjuangkan peraturan perawatan kesehatan yang dapat dijangkau. Biden menjelaskan jika untuknya. Ini ialah permasalahan yang individual.

Kesuksesannya memenangi penyeleksian umum di as jadi peluang untuknya untuk dapat membenahi persoalan sosial yang sejauh ini jadi kedukaannya.

Pemilihan presiden as sudah menangi calon presiden as tim demokrat. Joe biden. Sabtu (7/11) malam waktu di tempat pucuk gedung empire state di new york pancarkan cahaya berwarna-warni.

 

By Martin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!