Wapres Wanita Pertama, Kamala Harris Jadi Tokoh Emansipasi Perempuan AS

Dengan pencapaian suara sebagian besar untuk joe biden dari partai demokrat amerika serikat. Untuk pertamanya kali dalam riwayat. Kedudukan wapres akan ditempati oleh wanita. Bukan itu saja. Wanita yang bisa menjadi wapres negara paman sam ini sebagai wakil minoritas kulit warna serta turunan imigran asal india.

 

Mencuplik dw indonesia. Minggu (8/11/2020). Pada 19 agustus lalu. Kamala harris sudah secara sah jadi cawapres dari partai demokrat mengikuti joe biden.

Penyalonan ini disebut selaku penyalonan monumental sebab ia ialah wanita kulit hitam serta orang asia-amerika pertama yang bertanding dalam kontestasi penyeleksian umum di as. Rabu (03/11).

Dalam pidato sambutan sah sesudah terima penyalonannya. Kamala harris mengenalkan 3 orang wanita dalam kehidupannya yang dia kira jadi sumber kemampuan serta ide. Ke-3 nya yaitu adik wanitanya maya harris; sepupu meena harris; serta ella emhoff. Putri dari suaminya yakni harris douglas emhoff. Yang dinikahi kamala di tahun 2014 serta barusan ambil cuti panjang untuk memberikan dukungan kampanye istrinya.

“beberapa wanita ini memberikan inspirasi kami untuk mengusung pelita. Serta lagi berusaha.” tutur kamala harris dalam pidato sambutan di pakta peringatan 100 tahun amandemen ke-19 yang memberikan wanita amerika hak untuk pilih.

Harris berkali-kali mengutamakan jika ia memprioritaskan keluarga. Serta untuknya. Wanita yang menggenggam peranan besar dalam hidupya ialah almarhum si ibu. Shyamala. Wanita itu saat hidupnya ialah seorang periset kanker yang paling disegani serta beremigrasi ke as dari india.

Kamala devi harris lahir tanggal 20 oktober 1964 di oakland di negara sisi california. As. Selaku anak imigran yang berkulit gelap. Kamala sudah hadapi permasalahan rasisme serta diskriminasi bahkan juga semenjak umur taman kanak-kanak.

Berdasar pengalaman dan karena didikan orang tuanya. Kamala semenjak kecil telah ketarik pada permasalahan hak-hak masyarakat sipil. Terutamanya golongan marjinal. Sesudah mendapatkan gelar sarjana dari howard university serta gelar sarjana hukum dari university of california. Ia mengawali karier di kantor kejaksaan area alameda county.

Kamala benar-benar pintar. Kariernya berkilau cemerlang di california. Semenjak 2004 sampai tahun 2011. Kamala dipilih jadi beskal daerah san francisco. Waktu itu dia mengawali program yang memungkinkannya beberapa aktor narkoba pemula untuk mendapatkan ijazah sekolah menengah atas serta memperoleh pekerjaan.

Sesudah mengakhiri 2x periode kedudukan selaku beskal daerah san francisco. Kamala dipilih selaku wanita afrika-amerika pertama sekalian wanita pertama yang memegang selaku beskal agung california tahun 2011 sampai 2017.

Selama saat kedudukan kesempatan ini. Kamala memenangi tuntutan perselisihan sebesar 25 miliar dolar as untuk beberapa pemilik rumah di california yang terserang imbas kritis penyitaan rumah pada periode stres ekonomi di as. Ia bela undang-undang perombakan cuaca california. Perjuangkan uu perawatan kesehatan yang dapat dijangkau. Dan memberikan dukungan hak-hak golongan lgbtq serta kesetaraan pernikahan untuk semuanya masyarakat california.

Kamala harris benar-benar tiba dari keluarga yang populer akan usaha keras mereka. Baik di jamaika atau di as. Jika ibunya. Shyamala gopalan. Ialah periset kanker yang dihormati. Ayahnya yakni donald harris ialah profesor emeritus di kampus stanford yang dari orange hill. Jamaika. Dan beremigrasi ke as.

Orangtua kamala berjumpa serta kenalan waktu berdemonstrasi untuk hak-hak sipil di jalanan di berkeley. California. Ke-2 nya selanjutnya merajut jalinan serta menikah lalu mempunyai dua anak wanita. Tetapi jalinan kamala dengan ayahnya merenggang bersamaan perpisahan ke-2 orang tuanya pada tahun 1972. Tapi kamala masih kerap berkunjung jamaika waktu masih terbilang muda.

Di jamaika sendiri. Keluarga harris benar-benar diketahui akan peranan mereka dalam sektor usaha serta politik. Nenek buyut kamala. Yakni christiana brown. Saat hidupnya jalankan toko yang jual beberapa barang kering di kota brown. Jamaika. Toko ini cukup terkenal di kelompok warga di tempat.

Saat itu. Bibi kamala yakni thelma harris sempat memegang selaku anggota dewan kota untuk partai pekerja jamaika di tahun 1970-an. Pada periode itu. Wanita masih relatif jarang-jarang terjebak dalam politik di negara itu. Famili yang lain menggenggam status lokal untuk salah satunya parpol paling besar di jamaika. Sesudah mengikut karier kamala sepanjang tahun. Keluarga besar harris di jamaika benar-benar senang atas peristiwa monumental yang menyertakan famili mereka ini.

Seperti donald harris. Beberapa orang asal orange hill yang beremigrasi serta cari kehidupan yang lebih bagus di as. Penyalonan kamala harris pada rabu tempo hari sudah memberi keinginan baru buat mereka.

“keluarga harris ialah karyawan keras. Jadi wanita itu saat ini. Saat saya dengarnya. Saya ketawa serta bersukacita.” kata vita stevenson. Seorang pemilik toko berumur 75 tahun di orange hill. “saya punyai anak wanita di situ yang memberikan saya info mengenai semuanya yang berlangsung di amerika… Saya berdoa untuk kemenangan (kamala).”

Waktu ibu kamala melahirkannya di oakland. “ia kemungkinan belum pernah memikirkan jika saya akan berdiri di depan anda saat ini. Menyampaikan kalimat ini: saya terima penyalonan anda selaku wapres amerika serikat.” tutur kamala waktu penyalonan resminya.

Kamala terus ingat akan pelajaran bernilai dari mendiang ibunya. Dia menjelaskan ibunya sudah memberikan nilai-nilai dalam dianya serta saudara wanitanya yang paling punya pengaruh dalam membuat peta jalan hidup mereka.

“ia membesarkan kami menjadi wanita kulit hitam yang senang serta kuat. Serta ia membesarkan kami untuk mengenali serta senang dengan peninggalan nenek moyang india kami.”

Pelajaran ini dia lanjutkan ke warga lebih luas dengan menjelaskan jika ia mempunyai misi jika “bangsa kita selaku komune yang disayangi – di mana seluruh orang diterima. Tiada perduli semacam apa performa kita. Darimanakah kita berasal. Atau siapa yang kita sayangi.”

Kamala diinginkan bisa gerakkan beberapa pemilih muda serta orang kulit warna di as dalam turut pilih. Khususnya sesudah berlarutnya protes atas rasisme institusional serta kebrutalan polisi yang menempa negara itu.

“tidak ada vaksin untuk rasisme. Kita harus berusaha keras (untuk hilangkannya).” keras kamala.

Pilpres amerika serikat 2020 mencatat riwayat. Kamala harris jadi wanita pertama serta wapres berkulit hitam pertama di amerika serikat.

 

By Martin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!