Warga Lamongan Temukan Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun

Bunga bangkai macam Amorphophallus Peoniifolius tumbuh antara kebun punya masyarakat serta tempat penyemayaman umum di Lamongan, Jawa Timur.

 

Masyarakat Desa Ambil, Dusun Dradahblumbang, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mendapati bunga bangkai. Bunga itu tumbuh di bawah rumpun bambu yang berada antara kebun punya masyarakat serta tempat penyemayaman umum dusun di tempat.

Anak dari pemilik kebun, Putri Wulandari menjelaskan, kehadiran bunga bangkai itu pertamanya kali dijumpai oleh ayahnya seputar sebulan kemarin. Waktu itu saat buang sampah di kebunnya.

“Saat itu ayah saya ngomong, jika ada bunga bangkai. Tetapi waktu itu masih kecil serta belum mekar, jadi saya tidak yakin serta ngomong jika itu tanaman liar yang umum yang biasa disebutkan masyarakat makanan ular,” tutur ia, Selasa (10/11/2020), seperti diambil dari Times Indonesia.

Namun, seminggu selanjutnya, Putri kembali lagi dikasih tahu jika ada bunga bangkai. Kesempatan ini kakaknya yang anggota tahu. Waktu itu, bunga bangkai mulai tumbuh besar serta selekasnya mekar.

Putri yang waktu itu mulai ingin tahu, selanjutnya menanti sampai bunga itu mekar untuk pastikan apa betul-betul bunga bangkai ataulah bukan.

“Sebab saya takut kelak tebar informasi tidak betul, jadi saya tunggu hingga bunganya mekar. Lagi tempo hari itu mekar, saya browsing dahulu, rupanya benar-benar bunga bangkai, tetapi macamnya memanglah bukan Rafelsia Arnoldi,” katanya.

Bunga yang berhabitat di Pulau Sumatera, Jawa serta Sulawesi itu sesungguhnya dapat tumbuh sampai 1,5 mtr.. Tetapi, bunga warna merah tua keunguan yang didapati masyarakat Lamongan kesempatan ini cuman dengan diameter lebih kurang 20 cm.

“Ini pertamanya kali saya saksikan bunga bangkai langsung,” papar ia.

Menariknya, di posisi itu bukan hanya tumbuh satu bunga bangkai, tapi ada tiga sekalian. Namun yang telah mekar baru satu, sesaat dua bekasnya belum juga mekar.

“Jika yang 2 ini sepertinya semakin besar dari yang pertama mekar,” kata Putri.

Putri menjelaskan, kehadiran bunga bangkai itu pernah mengundang perhatian masyarakat di tempat, khususnya remaja.

“Mereka tiba mengambil photo, selanjutnya digunakan story di media sosial,” katanya.

Untuk dipahami, tumbuhnya bunga bangkai di Kabupaten Lamongan jadi peristiwa yang termasuk sangat jarang. Dalam waktu 10 tahun terakhir, cuman didapati 2x bunga bangkai tumbuh serta mekar, yakni pada 2014 serta 2017.

Bunga bangkai tumbuh di kebun salah satunya masyarakat di Desa Tambaksari, Dusun Kertosari, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Dan Bunga bernama ilmiah Amorphophallus ini segera membuat gempar masyarakat seputar. Bunga termasuk sangat jarang memiliki ukuran tinggi s…

By Martin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!